Senin, 04 Juni 2012

SI Pemasaran

Sistem informasi pemasaran merupakan suatu sistem informasi yang berbasis computer bekerjasama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menjelaskan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk.
SIP mengacu pada prinsip pemasaran. Yaitu terdiri dari bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan kumpulan variable menasaran yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan dalam pemasaran. Bauran pemasaran juga dapat diartikan sebagai alat untuk meyakinkan obyek pemasaran.
Bauran pemasaran tersebut adalah:
1.       Produk
Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan dalam kegiatan pemasaran. Misalkan variasi produk, jasa, kualitas, desain, brand, packaging, dll
2.       Promotion
Promotion merupakan kegiatan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk dalam pasar
3.       Place
Place merupakan kegiatan perusahaan untuk membuat produk mudah dijangkau oleh pemakai
4.       Price
Price merupakan biaya yang konsumen keluarkan
5.       Market
Market biasa ditambahkan karena sekarang yang harus dilihat adalah bagaimana pasar yang akan kita tuju. Market juga berhubungan dengan segmentasi pasar.
MKIS (Marketing Informational System) menjelaskan mengenai konsep bagaimana computer dapat diaplikasi untuk memberikan support pada perusahaan. Kotler seorang peneliti pemasaran menjelaskan mengenai hal ini dan biasa di sebut dengan Pusat Saraf Pemasaran Kotler (Kotler’s Marketing Nerve Center) yang pada intinya, dalam kegiatan pamasaran terdapat 3 arus informasi utama, yaitu:
1.       Internal, informasi yang dikumpulkan perusahaan
2.       Intelijen, mengalir dari lingkungan ke perusahaan
3.       Komunikasi, mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan
Model dalam SIP
  • Output
    • Product è informasi mengenai produk
    • Placeè jaringan distribusi
    • Promotionè periklanan
    • Price è keputusan harga
    • Integrated mix è gabungan strategi
  • Database
  • Input
    • AISè Accounting Information System
    • Marketing research è pengumpulan data internal dan lingkungan dengan studi kasus
    • Marketing intelligence


Subsistem dalam SIP
a.       SIA
SIA menyediakan data mengenai sales order sebagai input. Seperti laporan periodic, laporan khusus, dll
b.      Subsistem riset pemasaran
Riset pemasaran merupakan studi khusus untuk mendukung strategi pemasaran
c.       Subsistem intelijen pemasaran
d.      Subsistem produk
e.      Subsistem tempat
f.        Subsistem promosi
g.       Subsistem harga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar