Sistem informasi pemasaran
merupakan suatu sistem informasi yang berbasis computer bekerjasama dengan
sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam
menjelaskan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk.
SIP mengacu pada prinsip
pemasaran. Yaitu terdiri dari bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan
kumpulan variable menasaran yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh
perusahaan untuk mencapai tujuan dalam pemasaran. Bauran pemasaran juga dapat
diartikan sebagai alat untuk meyakinkan obyek pemasaran.
1. Produk
Produk merupakan
sesuatu yang ditawarkan dalam kegiatan pemasaran. Misalkan variasi produk,
jasa, kualitas, desain, brand, packaging, dll
2. Promotion
Promotion merupakan
kegiatan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk dalam pasar
3. Place
Place merupakan
kegiatan perusahaan untuk membuat produk mudah dijangkau oleh pemakai
4. Price
Price merupakan
biaya yang konsumen keluarkan
5. Market
Market biasa
ditambahkan karena sekarang yang harus dilihat adalah bagaimana pasar yang akan
kita tuju. Market juga berhubungan dengan segmentasi pasar.
MKIS (Marketing Informational
System) menjelaskan mengenai konsep bagaimana computer dapat diaplikasi untuk
memberikan support pada perusahaan. Kotler seorang peneliti pemasaran
menjelaskan mengenai hal ini dan biasa di sebut dengan Pusat Saraf Pemasaran
Kotler (Kotler’s Marketing Nerve Center) yang pada intinya, dalam kegiatan
pamasaran terdapat 3 arus informasi utama, yaitu:
1. Internal,
informasi yang dikumpulkan perusahaan
2. Intelijen,
mengalir dari lingkungan ke perusahaan
3. Komunikasi,
mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan
Model dalam SIP
- Output
- Product è informasi mengenai produk
- Placeè jaringan distribusi
- Promotionè periklanan
- Price è keputusan harga
- Integrated mix è gabungan strategi
- Database
- Input
- AISè Accounting Information System
- Marketing research è pengumpulan data internal dan lingkungan dengan studi kasus
- Marketing intelligence
Subsistem dalam SIP
a. SIA
SIA menyediakan
data mengenai sales order sebagai input. Seperti laporan periodic, laporan
khusus, dll
b. Subsistem
riset pemasaran
Riset pemasaran
merupakan studi khusus untuk mendukung strategi pemasaran
c. Subsistem
intelijen pemasaran
d. Subsistem
produk
e. Subsistem
tempat
f.
Subsistem promosi
g. Subsistem
harga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar